Layanan pelanggan

Untuk pertanyaan seputar Rupiah Cepat, dapat menghubungi Customer Service kami dari Senin - Jumat 08:00 - 20:00 WIB dan Sabtu-Minggu/Libur Nasional 08:00 - 18:00 WIB serta email.

  021 30006000

  cs@rupiahcepat.co.id

Rupiah Cepat

Kantor operasional

Wisma BSG Lantai 6

Jalan Abdul Muis No 40, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10160

EN
IN
EN
IN
Beranda
Tentang Kami
Blog
Services
FAQ
Hapus Akun
Karir
Kontak

Kebijakan Privasi Rupiah Cepat

Diperbaharui terakhir pada Mei 2023.


Kebijakan Privasi ini memberikan penjelasan kepada Pengguna mengenai Kebijakan PT Kredit Utama Fintech Indonesia (“Rupiah Cepat” atau “Kami”) terkait dengan pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, dan pengungkapan Data dan Informasi Pribadi Pengguna (“Pengguna” atau “Anda”) yang Kami peroleh melalui Aplikasi Rupiah Cepat. Rupiah Cepat menggunakan Data dan Informasi Pribadi Pengguna hanya untuk kebutuhan pengembangan dan peningkatan kualitas Layanan Rupiah Cepat atau kebutuhan lainnya yang wajar dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dengan memberikan Data dan Informasi Pribadi pada Aplikasi Rupiah Cepat, Pengguna setuju atas pengumpulan dan penggunaan informasi yang tertuang di dalam Kebijakan Privasi untuk Rupiah Cepat. Dalam menggunakan Data dan Informasi Pribadi Pengguna, Rupiah Cepat dapat bekerjasama dengan pihak ketiga lain dengan tetap memperhatikan aspek kerahasiaan atas Data dan Informasi Pribadi Pengguna.

Baca dan pahami hal-hal berikut ini dengan teliti untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana berlakunya ketentuan Kebijakan Privasi ini.

Kami berkomitmen untuk menghargai dan melindungi privasi serta keamanan data Anda. Kami senantiasa mengedepankan prinsip kerahasiaan kepada pihak manapun di atas kepentingan komersial, khususnya atas informasi Anda baik yang terkait informasi pribadi maupun data lainnya sehubungan dengan proses pengajuan pinjaman elektronik di Aplikasi Rupiah Cepat dalam rangka proses verifikasi kredit Kami. Kami berkomitmen untuk mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

Dengan mengakses dan menggunakan Layanan di Aplikasi, Anda mengakui telah membaca, memahami dan menyetujui setiap ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan Syarat dan Ketentuan Umum Rupiah Cepat.

Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  • 1. Definisi
  • 2. Pengumpulan Data dan Informasi Pribadi
  • 3. Penggunaan Data dan Informasi Pribadi
  • 4. Pengungkapan Data dan Informasi Pribadi
  • 5. Keamanan dan Penyimpanan Data dan Informasi Pribadi
  • 6. Perubahan Data dan Informasi Pribadi
  • 7. Penghapusan Data dan Informasi Pribadi
  • 8. Penggunaan Nomor Darurat
  • 9. Pengesampingan Kewajiban
  • 10. Akses Media Sosial
  • 11. Data Anonim
  • 12. Perubahan Kebijakan Privasi
  • 13. Pengakuan dan Persetujuan
  • 14. Materi Pemasaran dan Promosi
  • 15. Penggabungan
  • 16. Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa
  • 17. Hubungi Kami

  • 1. Definisi

    • “Anda” atau “Pengguna” berarti pihak yang terdaftar sebagai pengguna Aplikasi Rupiah Cepat, baik sebagai Penerima Pinjaman maupun Pemberi Pinjaman.
    • "Aplikasi" berarti (a) aplikasi mobile Rupiah Cepat yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Kami; dan/atau (b) portal web dan/atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Kami yang saat ini terletak di dan dapat diakses pada URL berikut: https://www.rupiahcepat.co.id/ berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu.
    • "Data dan Informasi Pribadi” berarti segala informasi atau data baik elektronik maupun non-elektronik dari atau mengenai Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada keluarga, rekan, karyawan, perusahaan atau lainnya yang dikenal dan mengenal Anda yang dicantumkan sebagai Nomor Darurat) yang disampaikan secara sukarela oleh Pengguna kepada Kami, berdasarkan persetujuan Pengguna yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda secara langsung atau tidak langsung sebagai Pengguna Aplikasi, yang disimpan dan dikelola oleh Kami sehubungan dengan penyediaan Layanan.
    • "Kami" atau “Rupiah Cepat” berarti PT Kredit Utama Fintech Indonesia yang mengoperasikan merek dagang “Rupiah Cepat”, suatu perusahaan teknologi finansial yang didirikan dan tunduk berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, melaksanakan kegiatan usaha sebagai penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) melalui Aplikasi Rupiah Cepat.
    • "Layanan" berarti berbagai layanan yang Kami tawarkan melalui Aplikasi Rupiah Cepat, khususnya layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang disediakan dari waktu ke waktu melalui Aplikasi.
    • "Nomor Darurat” berarti nomor kontak pihak yang dikenal dan mengenal Penerima Pinjaman yang dicantumkan Penerima Pinjaman pada saat mengajukan permohonan pinjaman melalui Aplikasi Rupiah Cepat sebagai pihak yang dapat dihubungi oleh Rupiah Cepat untuk tujuan sebagaimana diatur pada “Penggunaan Nomor Darurat”.
    • "Pemberi Pinjaman” berarti pihak yang terdaftar dalam Aplikasi Rupiah Cepat untuk melakukan pendanaan berupa pemberian dan penyaluran Pinjaman kepada Penerima Pinjaman melalui Aplikasi Rupiah Cepat.
    • “Penerima Pinjaman” berarti pihak yang terdaftar dalam Aplikasi Rupiah Cepat untuk menerima pendanaan berupa pinjaman dari Pemberi Pinjaman melalui Aplikasi Rupiah Cepat.
    • "Perjanjian Pinjaman” berarti perjanjian antara Pemberi Pinjaman, Rupiah Cepat, dan Penerima Pinjaman yang mengatur antara lain hak dan kewajiban Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman, syarat dan ketentuan penyaluran Pinjaman dari Pemberi Pinjaman melalui Rupiah Cepat kepada Penerima Pinjaman, dan prosedur pengembalian atau pembayaran Pinjaman beserta perubahan, perpanjangan, dan lampirannya.
    • “Perjanjian Pendanaan” berarti perjanjian antara Pemberi Pinjaman dengan Rupiah Cepat yang mengatur penyaluran dana pinjaman dari Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman melalui Rupiah Cepat.
    • “Pinjaman” adalah fasilitas pinjaman (berikut bunga, denda dan kewajiban finansial lainnya) dari Pemberi Pinjaman yang disalurkan Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman melalui Aplikasi Rupiah Cepat berdasarkan Perjanjian Pinjaman .
    • “Syarat dan Ketentuan Umum” berarti syarat dan ketentuan atau standar prosedur operasi atau ketentuan lainnya sehubungan dengan Aplikasi yang dikembangkan oleh Kami, sebagaimana dapat diubah atau ditambah dari waktu ke waktu.
  • 2. Pengumpulan Data dan Informasi Pribadi

    Kami mengumpulkan informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan informasi tersebut ("Data dan Informasi Pribadi"). Data dan Informasi Pribadi termasuk, tetapi tidak terbatas pada, nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat e-mail, rekening bank, jenis kelamin, dokumen identitas (termasuk KTP, SIM, Paspor, atau NPWP) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto, kewarganegaraan, nomor telepon Pengguna dan pihak terkait Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada Nomor Darurat atau kontak lain yang diberikan Pengguna melalui Aplikasi Kami), informasi keuangan terkait (termasuk namun tidak terbatas pada informasi penghasilan, sumber dana), serta informasi biometrik (termasuk namun tidak terbatas pada pengenalan wajah). Selain itu, untuk informasi lainnya, seperti profil pribadi, dan/atau nomor pengenal unik, yang dikaitkan atau digabungkan dengan Data dan Informasi Pribadi, maka informasi tersebut juga dianggap sebagai Data dan Informasi Pribadi. Data dan Informasi Pribadi yang Kami kumpulkan dapat diberikan oleh Anda secara langsung atau oleh pihak ketiga (misalnya: ketika Anda mendaftar atau menggunakan Aplikasi, ketika Anda menghubungi Layanan pelanggan atau customer service Kami, atau sebaliknya ketika Anda memberikan Data dan Informasi Pribadi kepada Kami). Kami akan melakukan pengumpulan Data dan Informasi Pribadi yang anda berikan melalui Aplikasi termasuk namun tidak terbatas pada Data dan Informasi KTP, nomor rekening, nomor telepon, sumber dana, social media, dan data lainnya yang Anda berikan dalam Aplikasi. Data dan Informasi Pribadi anda akan digunakan untuk tujuan pendanaan dan peminjaman di Aplikasi yang mencakup proses verifikasi, penilaian skor kredit, penilaian resiko anti pencucian uang dan pendanaan terorisme, dan proses penagihan. Adapun untuk melakukan pemrosesan Data dan Informasi Pribadi Anda, Kami bekerjasama dengan pihak ketiga sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta menjamin kerahasiaan Data dan Informasi Pribadi Anda hanya akan digunakan sesuai dengan tujuan pemrosesan Data dan Informasi Pribadi. Adapun pihak yang bekerjasama dengan Kami untuk melakukan pemrosesan Data dan Informasi Pribadi Anda adalah perusahaan penilaian skor kredit,perusahaan penyedia jasa penagihan, termasuk namun tidak terbatas pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan layanan e-commerce. Kami akan akan tetap menyimpan Data Pribadi Anda selama Anda masih menggunakan Aplikasi Rupiah Cepat atau Anda tidak melakukan penutupan akun atau hal-hal lain yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi.

    Informasi yang Kami kumpulkan dari Anda atau perangkat seluler Anda secara langsung

    Ketika Anda mendaftar dan membuat akun pada Aplikasi, Anda harus memberikan kepada Kami Data dan Informasi Pribadi antara lain nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat e-mail, rekening bank, jenis kelamin, dokumen identitas (termasuk KTP, SIM, Paspor, atau NPWP) atau tAnda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto, kewarganegaraan, nomor telepon Pengguna dan pihak terkait Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada kontak darurat atau kontak lain yang diberikan Pengguna melalui Aplikasi Kami), informasi keuangan terkait (termasuk namun tidak terbatas pada informasi penghasilan, sumber dana), serta informasi biometrik (termasuk namun tidak terbatas pada pengenalan wajah).

    Ketika Anda menggunakan Aplikasi, Anda harus memberikan Kami informasi yang relevan yang mungkin diperlukan oleh Kami agar Aplikasi dapat berfungsi, contohnya:

    • Jika Anda menggunakan Aplikasi sebagai Pengguna, Anda harus memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengakses kamera (untuk mengidentifikasi Anda), microfon (untuk percakapan telepon Anda dengan Kami yang sepenuhnya termonitor dan terekam dalam sistem Kami), dan GPS (untuk mengetahui perkiraan lokasi) Anda.
    • b. Jika Anda menggunakan dan/atau ketika melakukan pembayaran atau transfer melalui fasilitas gerbang pembayaran yang disediakan oleh dan/atau bekerja sama dengan Kami, jika Anda adalah pihak pembayar atau pengirim, Anda akan menyediakan informasi kepada Kami yang berkaitan dengan penggunaan, pembayaran atau transfer, termasuk tetapi tidak terbatas pada rincian transfer, jumlah pembayaran yang dibayarkan, nama bank, nama pemilik rekening, nomor rekening, sebagaimana berlaku.

    Informasi yang dikumpulkan setiap kali Anda menggunakan Aplikasi atau mengunjungi situs web Kami

    Setiap kali Anda menggunakan Aplikasi atau mengunjungi situs web Kami, Kami dapat mengumpulkan data teknis tertentu sehubungan dengan penggunaan Anda seperti, alamat protokol internet, durasi setiap kunjungan/sesi, identitas perangkat internet, dan informasi perangkat lainnya termasuk informasi mengenai produsen, model, dan sistem operasi dari perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Aplikasi atau situs web Kami.

    Ketika Anda menggunakan Aplikasi atau mengunjungi situs web Kami, informasi tertentu juga dapat dikumpulkan secara otomatis dengan menggunakan cookies. Cookies adalah berkas data kecil yang tersimpan pada komputer atau perangkat seluler Anda. Kami menggunakan cookies untuk melacak aktivitas pengguna dengan tujuan untuk meningkatkan antarmuka dan pengalaman pengguna. Sebagian besar perangkat seluler dan peramban internet mendukung penggunaan cookies; namun Anda dapat menyesuaikan pengaturan pada perangkat seluler atau peramban internet Anda untuk menolak beberapa jenis cookies atau cookies spesifik tertentu. Perangkat seluler dan/atau peramban Anda juga memungkinkan Anda untuk menghapus cookies apa pun yang sebelumnya telah tersimpan. Namun demikian, hal itu dapat mempengaruhi fungsi-fungsi yang tersedia pada Aplikasi atau situs web Kami.

    Setiap kali Anda menggunakan Aplikasi melalui perangkat seluler, Kami dapat mengetahui lokasi geografis Anda dalam waktu sebenarnya. Anda akan diminta atau diharuskan untuk mengaktifkan Global Positioning System (GPS) pada perangkat seluler Anda untuk memungkinkan Kami memberikan Layanan melalui Aplikasi Rupiah Cepat (termasuk namun tidak terbatas pada untuk keperluan penilaian risiko kredit dan pencegahan tindakan penipuan/fraud). Kami tidak akan mengakses lokasi akurat anda. Anda dapat menonaktifkan informasi pelacakan lokasi geografis pada perangkat seluler Anda untuk sementara waktu. Namun, hal ini dapat mempengaruhi fungsi-fungsi yang tersedia pada Aplikasi.

    Jika Anda menggunakan dan/atau ketika melakukan pembayaran atau transfer melalui fasilitas gerbang pembayaran yang disediakan oleh dan/atau bekerja sama dengan Kami, Kami dapat mengumpulkan informasi tertentu yang berkaitan dengan penggunaan, pembayaran atau transfer, termasuk tetapi tidak terbatas pada rincian transfer, jumlah pembayaran yang dibayarkan, rincian penyelesaian pembayaran, nama bank, nama pemilik rekening, nomor rekening, sebagaimana berlaku.

    Informasi yang dikumpulkan dari pihak ketiga

    Kami juga dapat mengumpulkan Data dan Informasi Pribadi Anda dari pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lainnya yang memberikan Layanan kepada Kami, mengumpulkan Data dan Informasi Pribadi dan/atau melakukan tugas atas nama Kami, atau dengan siapa Kami melakukan kerja sama). Dalam kasus tersebut, Kami hanya akan mengumpulkan Data dan Informasi Pribadi Anda untuk atau sehubungan dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kerja sama Kami dengan pihak ketiga tersebut (misalnya untuk mengumpulkan informasi keuangan tertentu seperti riwayat kredit, atau data lainnya yang dapat menghasilkan nilai kelayakan Anda dalam menerima Layanan Kami, tergantung pada situasinya).

    Informasi tentang pihak ketiga yang Anda berikan kepada Kami

    Anda dapat memberikan kepada Kami Data dan Informasi Pribadi yang berkaitan dengan pihak terkait Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada keluarga, rekan, karyawan, perusahaan atau lainnya yang dicantumkan sebagai kontak darurat). Anda tentu saja akan memerlukan persetujuan dari mereka terlebih dahulu untuk melakukannya - lihat “Pengakuan dan Persetujuan”, di bawah, untuk informasi lebih lanjut.

  • 3. Penggunaan Data dan Informasi Pribadi

    Data dan Informasi Pribadi Anda dapat Kami gunakan untuk:

    • a. untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai pengguna dan untuk mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun Anda;
    • b. untuk memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan sebelum Kami memberikan Layanan kepada Anda atau sebelum Kami mendaftarkan Anda sebagai Pengguna, termasuk melakukan proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer/ KYC) dan penilaian skor kredit (credit scoring);
    • c. untuk melakukan penilaian, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap permohonan pendaftaran sebagai Pengguna (Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman), permohonan pinjaman dan/atau profil Anda;
    • d. untuk melakukan penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, risiko dan anti pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme, membuat dan mengelola model penilaian kredit, melakukan pemeriksaan dan peninjauan kredit dan latar belakang lain, dan menyimpan riwayat kredit Anda untuk referensi saat ini dan di masa mendatang;
    • e. mengelola hubungan Kami dengan Anda yang dapat termasuk menyediakan informasi kepada Anda tentang Kami dan memungkinkan Anda untuk menggunakan Layanan yang disediakan oleh Kami;
    • f. mengirim notifikasi melalui nomor telepon, e-mail, ataupun Aplikasi kepada Anda;
    • g. menghubungi Anda terkait dengan permintaan Anda dan memberikan bantuan sehubungan dengan dan untuk menyelesaikan keluhan, kesulitan teknis atau masalah operasional dengan Aplikasi atau Layanan dan disimpan untuk mencegah kecurangan;
    • h. mencegah dan mendeteksi kegiatan penipuan, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan teknologi deteksi suara untuk menganalisa rekaman percakapan telepon Anda dengan Kami, maupun segala kegiatan yang dilarang, ilegal, tidak sah, atau curang;
    • i. untuk keperluan bisnis Kami secara umum misalkan untuk verifikasi identitas Anda dan reputasi kredit Anda;
    • j. mengidentifikasi Anda ketika Anda menghubungi Kami atau mengunjungi Aplikasi.
    • k. mengirim komunikasi komersial pemasaran (iklan, voucher, survei, informasi tentang penawaran atau promosi khusus) dan non-pemasaran kepada Anda dan menawarkan atau menyediakan Layanan dari afiliasi atau mitra Kami; untuk menghasilkan informasi statistik dan data analitik untuk tujuan pengujian, penelitian, analisis, pengembangan produk, kemitraan komersial, dan kerja sama
    • l. memberikan informasi yang memadai di Aplikasi untuk mengidentifikasi Anda kepada Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman;
    • m. mengizinkan Anda berpartisipasi dalam Layanan fitur interaktif Kami;
    • n. mengizinkan bank, badan keuangan atau pihak ketiga yang berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada FDC, Pusdafil, dan SLIK) guna mengadakan pengecekan terbatas pada status Anda dalam database Kami atau Layanan;
    • o. memverifikasi kepatuhan Anda terhadap persyaratan dan ketentuan yang mengatur penggunaan Aplikasi;
    • p. menghasilkan informasi statistik dan data analitik, survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau Layanan oleh Kami atau pihak terkait yang berkepentingan guna meningkatkan efisiensi kinerja, pengembangan, pengalaman pengguna, fungsi-fungsi Aplikasi, kemitraan komersial, kerja sama, dan proses fungsi bisnis terkait;
    • q. pengurusan rekening escrow Pengguna kepada pihak penyedia rekening escrow;
    • r. melakukan pemeriksaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme di sektor jasa keuangan;
    • s. memenuhi dan melaksanakan perintah atau kebijakan pemerintah, persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan yang berlaku terhadap Kami berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mematuhi setiap perjanjian yang berlaku sehubungan dengan pelaksanaan Layanan;
    • t. untuk memberitahu Anda atas transaksi atau aktivitas yang terjadi dalam Aplikasi atau sistem lain yang terhubung dengan Aplikasi Kami;
    • u. untuk memberitahu Anda mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada Layanan yang disediakan;
    • v. untuk mengolah dan menanggapi pertanyaan dan saran yang diterima dari Anda;
    • w. memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis pengguna termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai Layanan yang tersedia di Aplikasi untuk memelihara, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda sebagai pengguna;
    • x. untuk memproses dan mengelola reward points Anda;
    • y. untuk memfasilitasi transaksi aset bisnis (yang dapat berupa penggabungan, akuisisi, atau penjualan aset) yang melibatkan Kami dan/atau afiliasi Kami; dan
    • z. untuk memungkinkan Kami mematuhi semua kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi permintaan, penyelidikan, atau arahan peraturan, mematuhi persyaratan pengarsipan, pelaporan, dan perizinan yang disyaratkan oleh peraturan yang berlaku) dan melakukan pemeriksaan audit, uji tuntas dan penyelidikan.
  • 4. Pengungkapan Data dan Informasi Pribadi

    Kami dapat mengungkapkan, memberikan akses, atau membagikan Data dan Informasi Pribadi Anda dengan afiliasi Kami dan pihak lain untuk tujuan sebagai berikut ini, serta untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku:


    • a. untuk memungkinkan penyediaan Layanan kepada Anda sebagai Pengguna;
    • b. jika disyaratkan atau diotorisasikan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan terkait regulasi, penyelidikan atau pedoman, atau mematuhi persyaratan atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan berdasarkan undang-undang), untuk tujuan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    • c. jika diinstruksikan, diminta, disyaratkan atau diperbolehkan oleh pemerintah yang berwenang, untuk tujuan sebagaimana disebutkan dalam kebijakan pemerintah, peraturan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    • d. jika terdapat proses hukum dalam bentuk apapun antara Anda dengan Kami, atau antara Anda dengan pihak lain, sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan, untuk keperluan proses hukum tersebut;
    • e. sehubungan dengan segala proses verifikasi Kami atau pihak ketiga perlukan sebelum memberikan Layanan kepada Anda oleh Kami atau mitra Kami, atau Kami mendaftarkan Anda sebagai pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan KYC (Know Your Customer) dan penilaian kredit (credit scoring);
    • f. saat Layanan Kami tersedia di platform pihak ketiga, (i) untuk membantu Kami memperoleh Data dan Informasi Pribadi Anda dan/atau (ii) mendaftarkan Anda atau membantu Anda menggunakan Layanan Kami pada platform pihak ketiga tersebut;
    • g. sehubungan dengan, penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi semua atau sebagian dari bisnis Kami oleh atau ke perusahaan lain, untuk keperluan transaksi tersebut (bahkan jika kemudian transaksi tidak dilanjutkan);
    • h. sehubungan dengan proses klaim asuransi, Kami akan membagikan Data dan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan pemrosesan klaim asuransi kepada perusahaan asuransi yang bekerja sama atau berkolaborasi dengan Kami;
    • i. kepada pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lain yang memberikan Layanan kepada Kami atau Anda, melakukan tugas atas nama Kami, atau pihak dengan siapa Kami mengadakan kerja sama komersial), untuk atau sehubungan dengan tujuan di mana pihak ketiga tersebut terlibat, termasuk antara lain asuransi umum, perbankan, perusahaan penyedia jasa pembayaran, jasa penagihan pihak ketiga, perusahaan penyedia tAnda tangan digital, perusahaan penyedia Layanan pesan elektronik (termasuk SMS dan OTP), perusahaan penyedia jasa penilaian kredit, penyedia data centre, dan perusahaan lain yang bekerjasama dengan Kami dalam proses bisnis Kami, atau untuk tujuan kerja sama Kami dengan pihak ketiga tersebut (tergantung keadaannya), yang dapat mencakup diperbolehkannya pihak ketiga tersebut untuk memperkenalkan atau menawarkan produk atau Layanan kepada Anda, melakukan autentikasi terhadap Anda atau menghubungkan Anda dengan akun atau melakukan kegiatan lain termasuk pemasaran, penelitian, analisis dan pengembangan produk; dan
    • j. dalam hal Kami berbagi Data dan Informasi Pribadi dengan afiliasi, Kami akan melakukannya dengan maksud agar mereka membantu Kami dalam menyediakan Aplikasi, untuk mengoperasikan bisnis Kami (termasuk, jika Anda berlangganan milis Kami, untuk tujuan pemasaran langsung), atau untuk tujuan pengolahan data atas nama Kami. Semua afiliasi Kami berkomitmen untuk mengolah Data dan Informasi Pribadi yang mereka terima dari Kami sesuai dengan Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku ini.
    • k. Ketika Data dan Informasi Pribadi tidak perlu dikaitkan dengan Anda, Kami akan melakukan upaya yang wajar untuk menghapus dikaitkannya Data dan Informasi Pribadi tersebut dengan Anda sebelum mengungkapkan atau berbagi informasi tersebut.
    • l. Kami tidak akan menjual atau menyewakan Data dan Informasi Pribadi Anda.
    • m. Selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, Kami dapat mengungkapkan dan membagikan Data dan Informasi Pribadi Anda jika Kami memberitahu Anda dan Kami telah memperoleh persetujuan Anda untuk pengungkapan atau pembagian tersebut.
  • 5. Keamanan dan Penyimpanan Data dan Informasi Pribadi

    Data dan Informasi Pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini disimpan dengan aman di wilayah Republik Indonesia. Data dan Informasi Pribadi Anda akan disimpan oleh Kami untuk jangka waktu paling singkat 5 (lima) tahun atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Kami akan berhenti menyimpan Data dan Informasi Pribadi, atau menghapus maksud dari dikaitkannya Data dan Informasi Pribadi tersebut dengan Anda, segera setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan Data dan Informasi Pribadi tersebut tidak lagi dibutuhkan dengan menyimpan Data dan Informasi Pribadi dan penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan bisnis atau secara hukum.

    Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data dan Informasi Pribadi Anda disimpan oleh pihak lain dengan termasuk institusi pemerintah atau institusi lainnya yang ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang dengan cara tertentu. Dalam hal Kami membagikan Data dan Informasi Pribadi Anda kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Kami, Anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data dan Informasi Pribadi Anda oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut.

    Keamanan Data dan Informasi Pribadi Anda adalah hal yang sangat penting bagi Rupiah Cepat. Rupiah Cepat senantiasa mengambil langkah dan tindakan yang wajar untuk mencegah kehilangan, penyalahgunaan, atau perubahan Data dan Informasi Pribadi Anda tanpa izin oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Sistem keamanan Kami telah memenuhi standar industri dan Kami senantiasa mengamati perkembangan teknologi dan industri guna memastikan sistem Kami berkembang seperti yang disyaratkan. Kami juga melakukan tes terhadap sistem Kami secara berkala untuk memastikan mekanisme keamanan Kami selalu mutakhir.

    Namun mohon diperhatikan bahwa tidak ada metode terkait transmisi data melalui internet, atau metode penyimpanan elektronik yang 100% (seratus persen) aman. Sehingga Anda juga dimohon untuk dapat menjaga kerahasiaan data pribadi Anda, melalui pembuatan kata sandi pribadi maupun kode OTP ketika mendaftarkan diri dan pada saat menggunakan Aplikasi. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi dan kode OTP tersebut dan dianjurkan untuk tidak membagikan kata sandi dan kode OTP Anda kepada pihak manapun.

    Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan akibat kelalaian atau kesalahan Anda terkait dengan penyimpanan dan penggunaan Data dan Informasi Pribadi Anda pada Aplikasi Kami.

  • 6. Perubahan Data dan Informasi Pribadi

    Dengan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat melakukan perubahan atas Data dan Informasi Pribadi Anda melalui Aplikasi atau cara lain sesuai dengan kebijakan perubahan data Rupiah Cepat.

    Kami berhak menolak permintaan Anda untuk memperbaiki atau mengubah, sebagian atau semua Data dan Informasi Pribadi Anda yang Kami miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data dan Informasi Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain yang tidak sah atau di mana permintaan untuk memperbaiki atau mengubah Data dan Informasi Pribadi tersebut adalah untuk alasan yang Kami anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.

  • 7. Penghapusan Data dan Informasi Pribadi

    Anda berhak atas dan dapat mengajukan permohonan penghapusan Data dan Informasi Pribadi Anda yang telah diberikan kepada Kami dengan persyaratan sebagai berikut:


    • a. tidak sedang terikat perjanjian sehubungan dengan penyediaan Layanan oleh Rupiah Cepat, baik Perjanjian Pinjaman maupun Perjanjian Pendanaan; atau
    • b. tidak memiliki hak sehubungan dengan penyediaan Layanan pada Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada hak tagih atas pengembalian, pembayaran kembali dan pelunasan piutang; atau
    • c. tidak memiliki kewajiban, tanggung jawab finansial, utang atau hal sejenisnya sehubungan penyediaan Layanan oleh Rupiah Cepat; atau
    • d. tidak dalam proses pengajuan permohonan perolehan pinjaman berikut proses verifikasi dan penilaian terhadap permohonan tersebut oleh Kami; atau
    • e. mengajukan permohonan penutupan akun.
  • 8. Penggunaan Nomor Darurat

    Kami berhak untuk menghubungi pihak yang Anda cantumkan sebagai Nomor Darurat Penerima Pinjaman terhitung sejak tanggal jatuh tempo pembayaran dimana pihak yang dihubungi selaku pemilik Nomor Darurat akan dimintakan bantuannya oleh Kami atau pihak yang ditunjuk Kami untuk membantu Kami mengingatkan Penerima Pinjaman agar segera melunasi Pinjaman tertunggak berdasarkan Perjanjian Pinjaman, dengan ketentuan permintaan tersebut dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada tidak adanya paksaan kepada pihak yang bersangkutan dan disampaikan tanpa bentuk kekerasan maupun intimidasi dalam wujud apapun.


    Hak Kami Menghubungi Nomor Darurat

    Sebagai syarat mutlak pengajuan permohonan pinjaman di Aplikasi Kami, Penerima Pinjaman dengan ini mengizinkan Kami untuk menghubungi Nomor Darurat untuk tujuan:

    • a. mencari atau menelusuri keberadaaan Penerima Pinjaman dalam hal Penerima Pinjaman yang belum melunasi Pinjaman dan Penerima Pinjaman tidak bisa atau sulit dihubungi melalui nomor telepon selular Penerima Pinjaman yang terdaftar dan tercatat pada Aplikasi pada saat proses pengajuan Aplikasi Permohonan;
    • b. meminta bantuan pemilik Nomor Darurat untuk mengingatkan Penerima Pinjaman untuk membayar dan melunasi Pinjaman; dan/atau
    • c. meminta Pemilik Nomor Darurat menyampaikan pesan dari Kami sehubungan dengan pemenuhan kewajiban Penerima Pinjaman.

    Kami dapat menghubungi pemilik Nomor Darurat untuk tujuan di atas baik melalui sarana komunikasi pribadi sebagaimana ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu. Dalam berkorespondensi dengan Pemilik Nomor Darurat, Kami akan menghindari segala wujud intimidasi, ancaman maupun pelanggaran hukum lainnya, termasuk dalam hal ini tidak akan mengirim foto Penerima Pinjaman kepada pemilik Nomor Darurat.

    Pembebasan Tanggung Jawab Kami

    Penerima Pinjaman dengan ini membebaskan, membela dan memberi ganti rugi terhadap Kami dan/atau Pemberi Pinjaman dari setiap kerugian, pengeluaran, ongkos maupun biaya yang timbul dari atau sehubungan dengan:

    • a. sengketa dengan pihak ketiga terkait Nomor Darurat oleh karena alasan atau sebab sengketa apapun;
    • b. pelanggaran hak atau kerugian pihak ketiga atau pihak manapun terkait Nomor Darurat;
    • c. sanksi, investigasi atau penyelidikan, penyidikan, inspeksi atau audit maupun konsekuensi apapun dari atau terkait pelanggaran ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan, kebijakan pemerintah dan/atau putusan badan peradilan atau arbitrase manapun akibat dari atau sehubungan dengan pelaksanaan hak Kami dalam ketentuan ini atau upaya menghubungi, mengakses, menelusuri, memperoleh dan/atau memanfaatkan Nomor Darurat.
  • 9. Pengesampingan Kewajiban

    Anda setuju untuk tidak meminta pertanggungjawaban Kami atas pelanggaran, pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap Kebijakan Privasi atau perlindungan Data dan Informasi Pribadi dalam situasi berikut:

    • a. di mana suatu tindakan alam atau keadaan yang tidak terduga telah terjadi, mengakibatkan kerusakan, kerusakan atau penghancuran peralatan dan/atau mesin yang digunakan untuk mengamankan, menyimpan atau memproses Data dan Informasi Pribadi Pengguna;
    • b. di mana Data dan Informasi Pribadi telah tersedia atau dapat ditemukan oleh publik sebelum Data dan Informasi Pribadi atau informasi semacam itu disampaikan kepada Kami;
    • c. di mana setelah setiap usaha dan upaya yang wajar telah dilakukan oleh Kami untuk memverifikasi, mengamankan dan melindungi data dan informasi pribadi Anda, ada akses tidak sah, hacking, penyalahgunaan, modifikasi, perubahan, gangguan, sepanjang dapat dibuktikan bahwa hal tersebut bukan disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Kami;
    • d. atas keakurasian (kecuali Data dan Informasi Pribadi yang telah diverifikasi oleh Kami sesuai kebijakan Kami), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data dan Informasi Pribadi Anda dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Anda atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan/atau
    • e. di mana penyalahgunaan Data dan Informasi Pribadi disebabkan oleh tindakan kejahatan, penipuan atau tindak pidana apapun atau tindakan dari pihak ketiga yang tidak berada di bawah kendali atau instruksi Kami.

    Kami akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Anda jika terjadi kegagalan perlindungan kerahasiaan Data dan Informasi Pribadi Anda dalam pengelolaan Kami, baik yang disebabkan oleh Kami atau ketika Kami mengetahuinya dari pihak ketiga yang dikelola dengan ketentuan pemberitahuan sebagai berikut:

    • a. dengan menyertakan alasan atau penyebab terjadinya kegagalan perlindungan rahasia Data dan Informasi Pribadi;
    • b. pemberitahuan tertulis lewat e-mail kepada Anda paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diketahui adanya kegagalan tersebut;
    • c. menyediakan kontak yang mudah dihubungi oleh Anda terkait pengelolaan Data dan Informasi Pribadi.
  • 10. Akses Media Sosial

    Anda dapat (namun tidak wajib) menghubungkan akun Rupiah Cepat Anda dengan akun media sosial Anda dalam rangka penyediaan Layanan serta untuk meningkatkan skor kredit Anda. Data dan informasi hasil penghubungan akun media sosial tersebut hanya Kami gunakan untuk tujuan:

    • a.verifikasi identitas;
    • b.mitigasi risiko penipuan identitas;
    • c.statistik analisis/kuantitatif;
    • d.melakukan kontrol regulasi;
    • e.mencegah penipuan, pencucian uang dan kegiatan kriminal lainnya.
  • 11. Data Anonim

    Kami dapat membuat, menggunakan, melisensikan atau mengungkapkan Informasi Pribadi, yang tersedia, dengan catatan, (i) bahwa semua hal yang dapat mengidentifikasi telah dihapus sehingga data, baik sendiri atau dikombinasi dengan data lain yang tersedia, tidak dapat dihubungkan dengan atau dikaitkan dengan atau tidak dapat mengidentifikasi suatu individu, dan (ii) data serupa telah digabungkan sehingga data asli membentuk bagian dari kumpulan data yang lebih besar.

  • 12. Perubahan Kebijakan Privasi

    Kami dapat meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan Kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa Kebijakan Privasi ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan yang berlaku. Jika Kami mengubah Kebijakan Privasi ini, Kami akan memberitahu Anda tentang perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada Aplikasi dan/atau situs web Kami. Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk informasi terbaru tentang pengolahan data dan praktik perlindungan data Kami, dan bahwa dengan Anda terus menggunakan Aplikasi atau situs web Kami, atau mengakses dan menggunakan Layanan setelah adanya perubahan apapun terhadap Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan segala perubahannya.

  • 13. Pengakuan dan Persetujuan

    Dengan menggunakan Aplikasi, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami, dan menyetujui Kebijakan Privasi ini dan Syarat dan Ketentuan Umum, dan setuju dan sepakat terhadap pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, pengolahan, dan pengalihan Data dan Informasi Pribadi Anda oleh Kami sebagaimana dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini.

    Dalam keadaan di mana Anda memberikan kepada Kami Data dan Informasi Pribadi yang berkaitan pihak terkait Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada keluarga, rekan, karyawan, perusahaan atau lainnya yang dikenal dan mengenal Anda yang dicantumkan sebagai Nomor Darurat), Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari pihak tersebut untuk - lihat “Penggunaan Nomor Darurat”, di atas, untuk informasi lebih lanjut.

    Anda dapat menarik persetujuan Anda untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Data dan Informasi Pribadi Anda kapan saja dengan memberikan kepada Kami pemberitahuan yang wajar secara tertulis menggunakan rincian kontak yang disebutkan di bawah ini. Tergantung pada keadaan dan sifat persetujuan yang Anda tarik, Anda harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan tersebut, Anda mungkin tidak lagi dapat menggunakan Aplikasi atau Layanan. Penarikan persetujuan Anda dapat mengakibatkan penghentian akun Anda atau hubungan kontraktual Anda dengan Kami, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul sepenuhnya harus dipenuhi. Setelah menerima pemberitahuan untuk menarik persetujuan untuk pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Informasi Pribadi Anda, Kami akan menginformasikan Anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari penarikan tersebut sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda tetap ingin menarik persetujuan.

  • 14. Materi Pemasaran dan Promosi

    Kami dan mitra Kami dapat mengirimkan Anda pemasaran langsung, iklan, dan komunikasi promosi melalui aplikasi push-notification, pesan melalui Aplikasi, pos, panggilan telepon, Layanan pesan singkat (SMS), platform chat, media sosial, dan email jika Anda telah setuju untuk menggunakan Aplikasi Kami dan/atau setuju untuk menerima materi pemasaran dan promosi dari Kami. Anda dapat memilih untuk tidak menerima komunikasi pemasaran tersebut kapan saja dengan menghubungi Kami melalui detail kontak yang tercantum di bawah ini. Mohon perhatikan bahwa jika Anda memilih untuk keluar, Kami masih dapat mengirimkan pesan-pesan non-promosi kepada Anda, seperti tanda terima atau informasi tentang akun Anda.

  • 15. Penggabungan

    Sebagai tambahan atas Kebijakan Privasi ini, hal-hal berikut juga berlaku terhadap penggunaan Layanan Aplikasi Rupiah Cepat dan dianggap sebagai satu kesatuan:

    • a. Syarat dan Ketentuan Umum;
    • b. Syarat dan ketentuan dalam Perjanjian Pinjaman dan Perjanjian Pendanaan;
    • c. Perjanjian lainnya dengan Kami yang akan mengatur mengenai penggunaan Anda atas Layanan.
  • 16. Hukum Yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

    Kebijakan Privasi ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Dalam hal terjadi perbedaan, perselisihan, konflik, atau kontroversi (“Sengketa”) yang timbul dari atau sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini dan/atau pelaksanaannya, KUFI dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan Sengketa secara musyawarah untuk mufakat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah diterimanya pemberitahuan tertulis dari suatu Pihak mengenai adanya Sengketa.


    Apabila gagal untuk mencapai mufakat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari dimaksud, maka Para Pihak dapat:

    • a. mengajukan dan menyelesaikan Sengketa melalui pengadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara; atau
    • b. mengajukan dan menyelesaikan Sengketa di luar pengadilan melalui 1 (satu) Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) Sektor Jasa Keuangan.
  • 17. Hubungi Kami

    Jika Anda memiliki pertanyaan dan permintaan mengenai Kebijakan Privasi ini, silahkan hubungi Kami di:

    Email: cs@rupiahcepat.co.idCall Center: 021-30006000